PENASIHAT BARU UNTUK RELAWAN DIBO PISS

Hari ini, 19 Maret 2010 bertempat di Soegeng Sarjadi School of Government, Wisma Kodel Kuningan Jakarta Selatan menjadi hari yang cukup bersejarah bagi Relawan Dibo Piss. Hal ini disebabkan disepakatinya permohonan langsung (direct request) Ketua Yayasan Relawan Dibo Piss, Firman Abadi kepada Bang Fadjroel Rahman sebagai Dewan Penasihat dalam struktur organisasi Yayasanan Relawan yang konsen di bidang sosial ini. Permohonan langsung ditanggapi secara positif seperti diungkapkan dalam pertemuan itu. “Wah saya sangat senang sekali untuk tawaran ini”

Berawal dari sebuah rencana untuk pengurusan administrasi penyelenggaraan “National Workshop For Independent Candidate” Pembicaraan dalam pertemuan yang tidak direncanakan itu banyak mengupas permasalahan dan isu sosial yang memang menjadi garapan Yayasan Relawan Dibo Piss sejak beberapa tahun silam. Karuan saja, tema-tema sosial itu semakin membuat kami tertarik. Banyak gagasan yang terlontar dari Bang Fadjroel mamacu dan memotivasi terkait dengan isu sosial itu. Selain tema-tema sosial, Bang Fadjroel yang wajahnya kerap muncul di layar kaca ini juga menyinggung soal politik yang berkembang di tanah air seperti kasus KPK dan isu politik lainnya. Beberapa item yang disebutkan antara lain; isu Prita Mulyasari dengan koin logam yang berhasil terkumpul sebesar 850.000.000,- (Delapan Ratus Limapuluh Juta Rupiah), Penguatan Para pedagang Bakso DKI beserta penggilingan daging, sarana air bersih, koperasi dan juga ambulan gratis Relawan Dibo Piss. Semua pembicaraan lebih condong pada isu sosial dalam rangka realisasi visi di tengah masyarakat. Realisasi ini menurut beliau seperti “Demokrasi yang dapat dimakan”.

Istilah Demokrasi yang dapat dimakan menurut Fadjroel merupakan langkah yang mesti dilakukan mengingat begitu banyak masyarakat marginal yang tidak terpikirkan oleh kekuasaan. Kita, lanjutnya, tidak perlu lagi berpikir muluk dan meminta kepada orang “Besar”. Karena yang kita dapat Cuma capek belaka. Kata beliau sambil senyum sumringah. Sudah saatnya kini kita mengelola masyarakat marginal menjadi sebuah potensi yang dapat tumbuh sehingga berbuah untuk mereka nikmati. Oleh karena itu, Fadjroel menambahkan bahwa dalam hal ekonomi, beliau lebih konsen untuk membentuk sebuah mikro philanthrophi dan bukan makro.

Sementara itu Firman Abadi, Ketua Umum Relawan Dibo Piss mengomentari isu yang dilontarkan Bang Fadjroel dengan bahasa dan gaya anak mudanya. Beliau mengajak Bang Fadjroel untuk mensupport aktivitas Relawan yang kedepan dapat menjadi sinergi antara pemikiran Bang Fadjroel dan visi sosial yang menjadi jargon relawan selama ini. Kita lanjutnya, mesti menyeimbangkan antara tataran teoritas dengan realisasi di akar rumput. Masyarakat butuh sebuah makna ril dari demokrasi di negeri ini, imbuhnya lagi.

Waktu seakan begitu cepat berlalu. Tidak terasa, pembicaraan kami telah melalmpaui dua jam bersama beliau. Sebuah pertemuan yang sangat berkesan. Sebelum berakhir, dalam pertemuan nonformal tersebut, kamipun menegaskan kembali kepada beliau untuk bersedia menjadi Dewan Penasihat di Yayasan Relawan Dibo Piss. Semoga pertemuan ini menjadi sinergi positif dan menghasilkan demokrasi yang dapat dimakan oleh rakyat marginal. Sukses bang!

2 thoughts on “PENASIHAT BARU UNTUK RELAWAN DIBO PISS

  1. khusus buat ketum sy berharap yakinlah dengan apa yang kita perbuat didunia ini sekecil apapun yng anda perbuat dengan mengharap ridho Allah SWT apapun cita-cita anda pasti Allah Qobul terlebih dgn program anda yg Mulia dimata Manusia terlebih dihadapan Allah SWT dan Rosulnya,untuk apa lg anda memasukan penasehat yg ada maksud dan tujuannya jujur sy tidak setuju jangan kau bawa relawan kebibir jurang yang sangat membahayakan anda dan para relawan mari kita berjuang sesuai dgn kemampuan kita jgn mudah teriming-iming dgn omongan jelaka saja org hanya bicara dan bicara sedangkan kita sudah berbuat mari kita jaga ke Ikhlasan ini dgn keikhalasan Allah Tidak Tidur Tidak Buta Tidak Tuli serahkan semua yg kt perbuat kpd AllahSWT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s